Rem Belakang, Rahasia Lorenzo Sukses Jinakkan Ducati


Berita Seputar MotoGP - Rider anyar Ducati Team, Jorge Lorenzo sukses menetapkan waktu tercepat keempat dalam FP2 kemarin di Jerez, berkat penggunaan rem belakang yang baik.

Sebelumnya saat masih bersama Yamaha dulu, Lorenzo tidak memanfaatkan rem belakang, namun ia merasa perlu menggunakannya pada Desmosedici GP17, sebagian untuk membantu mengurangi fisik yang dibutuhkan di area pengereman yang keras dan meningkatkan stabilitas motor.

"Saya mulai menggunakan rem belakang sudah sejak seri Qatar, tapi karena baru dan saya tidak terbiasa dengan hal itu, saya tidak menggunakannya cukup lama di sebagian besar balapan.

Sekarang saya menggunakannya lebih banyak dan ini membantu sedikit lebih banyak untuk menghentikan motor dan memasuki tikungan lebih lancar dan sedikit membantu beban fisik juga," kata Lorenzo kepada Crash.

"Dengan motor lain, saya tidak perlu menggunakan rem belakang untuk menghentikan motornya. Tapi dengan Ducati, saya mengenalkannya karena membantu lebih banyak menghentikan motor dan tidak memaksa begitu banyak tenaga," sambung pembalap Spanyol itu.

Waktu Lorenzo 1m 40.291s dan hanya terpaut 0.871s di belakang pembalap tercepat, Dani Pedrosa, yang memimpin jalannya FP1 dan FP2.

Secara keseluruhan, Lorenzo senang dengan kemajuan yang dia buat, meski Lorenzo mengatakan bahwa ada keuntungan yang bisa diraih selangkah demi selangkah dan isu lama berbalik bersama Ducati tetap menjadi masalah.

"Hari ini ketika saya memasang ban baru, saya sudah merasa lebih baik dibanding dengan ban bekas dan saat saya memasang ban baru, saya bisa sedikit mendorong dan membuat waktu putaran yang baik.

Masih ada sedikit margin tapi selain hasil yang saya rasakan bagus dan kami senang dengan arahan perkembangannya," klaim Lorenzo.

"Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan untuk membuat motor lebih baik lagi. Sedikit demi sedikit kita sampai di sana, apalagi dibanding pebalap Ducati lainnya kita lebih baik dari sebelumnya dan itu pertanda bagus," lanjutnya.




Subscribe to receive free email updates: